Kamis, 05 Oktober 2017

Simak Yuk Harga Beras Hingga Semen Turun Berkat Tol Laut, Ini Datanya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan program tol laut jadi usaha memotong disparitas harga barang pada lokasi Barat serta Timur Indonesia. Tol laut adalah konektivitas angkutan laut yang efisien dengan terjadwal melayani kapal dari Barat ke Timur Indonesia.
Direktur Lantas Lintas serta Angkutan Laut (Dirlala) Ditjen Perhubungan Laut, Bay M Hasani menyebutkan, mulai sejak diawali pada th. 2015 lantas, sudah berlangsung penurunan harga di banyak daerah bersamaan dengan berlangsungnya dengan reguler jalur-jalur tol laut yang sudah disediakan oleh pemerintah.
Baca juga: Harga Besi Beton
Berdasar pada data yang sudah dibuat dari Kementerian Perdagangan, beberapa bahan pokok yang dibawa oleh tol laut ke banyak daerah sudah berlangsung penurunan harga. Di Larantuka, Flores, Nusa Tenggara Timur umpamanya terdaftar harga beras, gula pasir, minyak goreng paket, tepung terigu serta triplek 3 mm berlangsung penurunan dari bln. Agustus 2016 ke bln. Juni 2017.
Harga beras turun 17% dari Rp 12. 000/kg jadi Rp 10. 000/kg, harga gula pasir turun 17% dari Rp 18. 000/kg jadi Rp 15. 000/kg, harga minyak goreng paket turun 12% dari Rp 17. 000/kg jadi Rp 15. 000/kg, harga tepung terigu turun 20% dari Rp 10. 000/kg jadi Rp 8. 000/kg, serta triplek 3 mm turun 4% dari Rp 55. 000 jadi Rp 53. 000.
Penurunan harga juga berlangsung di daerah Fak-Fak, pada komoditas beras serta gula pasir yang semasing turun 13% serta 16%. Di daerah Dobo, gula pasir serta tepung terigu semasing turun 19% serta 7%, serta di daerah Anambas, Kepulauan Riau, gula pasir serta beras semasing turun 14% serta 6%.
" Data ini valid karna diupdate tiap-tiap 3 bln. sekali. Sesungguhnya di daerah beda ada juga yang menyusut, tapi blanko yang kita sebar cuma beberapa yang kembalikan hingga daerah yang kami dapatkan paling barunya masih tetap ini, " kata Bay dalam diskusi di Kementerian Perhubungan, Rabu (16/8/2017).
Harga semen juga terdaftar turun di banyak wilayah pegunungan di Papua. Di Wamena, harga semen yang awal mulanya Rp 500 ribu/sak sekarang ini telah turun jadi Rp 300 ribu/sak. Di Puncak Jaya, harga semen awal mulanya Rp 2, 5 juta/sak saat ini jadi Rp 1, 8 juta/sak, di Jayapura turun dari Rp 95 ribu/sak jadi Rp 85 ribu/sak serta di Nabire turun dari Rp 85 ribu/sak jadi Rp 75 ribu/sak.
" Itu memanglah baru hingga ke Wamena. Belum juga diangkut ke perintis, serta ke pedalaman. Maka dari itu lumrah dapat sampai juta-an harga nya. Ini semakin lebih murah sekali lagi bila kita telah operasikan jembatan udara dengan perintis kargo udara serta subsidi kargo udara, " tutur Bay.
Dalam perjalanannya program tol laut yang diawali mulai sejak 2015 sampai th. 2017 mempunyai 13 rute. Rute-rute itu menyinggahi sejumlah 41 pelabuhan berkunjung di Indonesia, dimana 7 rute salah satunya ditugaskan ke Pelni serta 6 yang lain ke swasta.
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sudah menganggarkan dana sebesar Rp 380 miliar untuk program tol laut pada th. biaya 2017. Dana itu salah satunya Rp 220 miliar untuk membiayai enam trayek yang dioperasikan Pelni, sedang Rp 160 miliar untuk membiayai lima trayek baru.
" Maksud dari tol laut, bila telah teratur serta terjadwal, bermakna tidak bergantung sekali lagi oleh muatan. Bila kita serahkan ke mekanisme pasar, hingga kapanpun juga akan banyak tempat yg tidak disinggahi mengangkut muatan bahan pokok serta perlu, " papar Bay. harga tiket
" Maka dari itu pemerintah mesti ada, terkecuali memaksimalkan industri pelayaran nasional, kita lengkapi dengan juga kapal perintis serta kapal penumpang. Maka dari itu Pelni kita subsidi supaya tidak cuma berlayar ke beberapa daerah yang basah, " ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar